Panduan Manual Cara Memperbaiki Mouse Optik Rusak Lampu Tidak Hidup

Mungkin kejadian ini sering anda alami pada perangkat mouse optik anda dimana tiba-tiba kursor mouse tidak mau bergerak dan lampu tidak hidup, kalau hal itu terjadi jangan buru-buru mengganti mouse anda dengan mouse yang baru coba anda cek kabel didekat mouse dengan cara membengkok-bengkokkan, lihat apakah lampu hidup lalu mati lagi, kalau iti terjadi berarti kabel mouse anda ada yang putus.
Ikuti panduan memperbaikinya sebagai berikut :







1. Cabut mouse anda dari komputer atau laptop.
2. Siapkan alat-alat : Obeng, Pisau karter, Gunting, siolatip bening.
3. Buka mouse anda dengan menggunakan obeng, lalu potong kabel mouse tersebut kira-kira 10 cm dari mouse dan sisakan kira-kira 10 cm dari board mouse seperti gambar berikut :


4. Selanjutnya kupas ke 4 ujung kabel tersebut dengan menggunakan pisau karter sekitar 1 cm, begitu juga ke 4 ujung kabel yang satunya.
5. Selanjutnya sambungkan ke 4 ujung kabel yang satu dengan ke 4 ujung kabel yang lainnya, dengan cara memutar kabel tersebut seperti kita menyambung kabel biasa. Kemudian isolasikan setiap sambungan kabel tersebut, selanjutnya coba di cek apakah lampu mosue sudah hidup dan kursornya bergerak, kalau itu sudah bagus lalu tutup mousenya seperti semula.Seperti gambar berikut :

6. Memang terkesan sangat main-main namun ni sudah dicoba dan berhasil oleh penulis, kenapa tidak menggunakan solder untuk menyambung kedua ujung tersebut, karena jika kabel tersebut putus lagi maka kita tidak memotong kabel dekat dengan board mouse tersebut lagi. Kabel yang sering putus adalah kabel yang dekat dengan ujung mouse karena sering tertarik atau sering bengkok saat digunakan.
7. Selamat mencoba....

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.